Minggu, 11 November 2012

Manfaat Tanaman Jahe Bagi Kesehatan Tubuh


Jahe merupakan tanaman rimpang yang sangat dikenal sebagai rempah rempah dan obat – obatan. Bentuknya yang seperti jemari dan aroma pedas wangi adalah ciri khas dari tanaman ini.

Rasa dominan yang pedas di dalam jahe ternyata di karenakan oleh adanya senyawa yang bernama zingeron. Senyawa tersebut membertika perasaan yang hangat pada tenggorokan, perut, dan seluruh tubuh ketika kita meminumnya.

Jahe ini diperkirakan awalnya berasal dari India, dibawa ke seluruh dunia sebagai rempah yang diperdagangkan. Tak lama kemudian, Jahe menjadi komoditas yang sangat populer karena manfaatnya yang beraneka ragam bagi kesehatan seperti spirulina.
Berikut ini adalah beberapa manfaat dari tanaman jahe:
  1. Mampu mengatasi fluSaat sedang mengalami flu, cobalah anda untuk merebus jahe dan meminum airnya. Hal tersebut di percaya dapat membantu menyembuhkan flu, sakit tenggorokan dan sakit kepala, serta membuat tidur menjadi lebih nyenyak karena tubuh rileks.
  2. Menyembuhkan masuk anginApabila anda merasa terlalu lelah, tubuh akan sangat mudah masuk angin. Jika mengalami hal tersebut, anda dapat mengunyah permen jahe atau meminum wedan jahe.
  3. Meningkatkan nafsu makanSekalipun rasanya peda, ternyata jahe dipercayai dapat membantu anda dalam meningkatkan nafsu makan. Jahe memberikan rasa hangat dan nyaman di dalam pencernaan. Jahe juga dapat membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, sehingga saat perut terasa nyaman, nafsu makan juga akan kembali.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar