Selasa, 11 September 2012

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan


Sebagian besar penduduk Indonesia berfikir bahwa bersepeda untuk beraktivitas sehari hari sudah sangat ketinggalan jaman. Setelah berbagai macam kendaraan bermotor masuk ke Indonesia, sepeda secara perlahan lahan mulai ditinggalkan oleh para peminatnya. Masyarakat Indonesia berfikir bahwa dengan mengendarai seperda motor tentu kita tidak perlu mengeluarkan banyak energi dan akan menghemat banyak waktu. Karena menggerakkan sepeda motor hanya perlu diperlukan sebuah mesin. Sedangkan untuk menjalankan sepeda kita harus mengayuhnya terlebih dahulu yang tentu memerlukan banyak energi.

Sepeda merupakan salah satu alat transportasi yang sudah sejak lama digunakan di berbagai macam negara. Salah satunya Indonesia. Tetapi penduduk Indonesia secara perlahan lahan sudah malas menggunakan alat transportasi ini. Penduduk Indonesia lebih memilih sepeda motor karena dapat menghemat banyak waktu. Padahal dengan kita bersepeda, tubuh kita akan menjadi lebih sehat serta dapat membuat sistem daya tahan tubuh kita menjadi kuat. Selain manfaat tersebut, sepeda masih memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut adalah manfaat dari bersepeda :

  1. Melatih semua ototSelama kita bersepeda, tidak hanaya otot kaki sajalah yang terlatih, tetapi seluruh otot pada tubuh kita pun ikut terlatih pada saat kita bersepeda. Ternyata saat kita bersepeda pun, jantung kita pun ikut terlatih sehingga resiko terkena jantung pun semakin kecil.
  2. Membakar kalori tubuh Saat anda bersepeda selama 60 setiap harinya, hal tersebut dapat membakar kalori pada tubuh sebanyak 300 hingga 500 kalori yang ada pada tubuh anda. sehingga jika anda ingin berdiet, bersepeda mungkin dapat dijadikan salah satu cara yang efektif untuk membantu program tersebut.
  3. Sebagai relaksasi tubuh Mungkin banyak orang berfikir bahwa apabila kita bersepeda dapat membuat tubuh kita menjadi lemas. Tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena apabila anda bersepeda secara rutin, maka itu akan membantu melancarkan peredaran darah sehingga oksigen dapat mengalir ke seluruh tubuh secara efektif.

Anda mungkin merasa malas untuk berolahraga, tetapi sepeda mungkin dapat menjadi alternatifnya. Karena bersepeda itu sangatlah menyenangkan. Demikian artikel ini, semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar