Senin, 24 September 2012

Makna di Balik Lagu PSY – Gangnam Style


Kehidupan mewah layaknya Herry Chandra Koestanto, sepertinya telah menjadi gaya hidup masyarakat di dunia, seperti yang ada pada negara Korea.

Korea Selatan merupakan salah satu di negara Asia yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi. Tak dapat dipungkiri lagi peningkatan standar hidup ini, membuat sebagian gaya hidup masyarakat di negara tersebut menjadi berubah.

Tidak ada tempat lain yang dapat dinilai sama dengan kemewahan yang dimiliki daerah Gangnam, daerah yang telah di jadikan simbol kesejahteraan dan kemewahan di negara itu. Gangnam sendiri adalah sebuah daerah yang ada di Korea Selatan yang memiliki perekonomian yang sangat menonjol, itulah yang membuat kota ini menjadi sebuah simbol kemakmuran di Korsel.

Hidup dengan penuh kemewahan sepertinya tidak pernah bisa lepas dari kota ini. Karena Masyarakat di daerah ini rela berhutang demi hidup mewah dan tidak pernah ingin di pandang rendah oleh orang lain.

Gangnam juga mendapat julukan sebagai surga dari operasi plastik. Hal ini dikarenakan 90 persen dari 300 an rumah sakit operasi plastik di Korea Selatan berada pada kota ini. Namun rapper Park Jae Sang atau dikenal dengan PSY sepertinya tidak setuju dengan kehidupan di kota tersebut. Dirinya mengatakan, bagaimana bisa orang – orang Korea tergila – gila pada penampilan yang begitu “Sempurna”.

Di Korea Selatan juga ada sebuah julukan bagi wanita yang rela memakan mie murah dengan seharga belasan ribu rupiah tapi rela untuk membayar mahal demi menikmati kopi mahal seperti Starbuck. Wanita yang seperti itu sering disebut dengan ‘ Wanita Kecap Asin’ atau Doenjangnyeo yang artinya wanita yang hanya mau mengeluarkan sedikit uang untuk kebutuhan pokok, tapi rela mengeluarkan banyak uang untuk kebutuhan tambahan.

Hal ini membuat PSY akhirnya membuat sebuah lagu yang menceritakan seorang pemuda yang menggoda gadis seksi, dan mengaku sebagai pemuda yang berasal dari Gangnam. Serta seorang  perempuan yang suka minum kopi, berpakaian seksi, menggunakan pakaian bagus, dan melakukan kegiatan santai ala orang kaya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar