Rabu, 31 Juli 2013

4 Gangguan Tidur yang Sering Terjadi & Arti Gangguan Tersebut

Pernahkah anda mengalami sebuah kejadian dimana anda sering terbangun di malam hari lalu sulit untuk kembali tertidur?

Biasanya, orang yang mengalami hal tersebut terjadi karena di sebabkan oleh beberapa penyebab, seperti batuk yang tak kunjung berhenti, merasa kram pada bagian tubuh, atau sebagainya. Namun tahukah anda bahwa gangguan – gangguan yang menganggu anda pada saat anda tidur tersebut terjadi karena menunjukkan bahwa tubuh anda sedang berada di kondisi yang tidak baik.

Hal tersebut di ungkapkan oleh Dr. Neil Stanley yang melakukan penelitian karena merasa tertarik untuk mencari penyebab dari keadaan ini. Dr. Neil yang merupakan seorang ahli kesehatan tentang tidur mengatakan bahwa pada saat kita tertidur, sebenarnya tubuh kita tidak benar-benar tidur.

Tubuh kita akan melakukan seperti sebuah pengecekan dan bila tubuh anda sedang berada di keadaan yang tidak baik, maka tubuh kita akan menunjukkan tanda-tanda tersebut, tidak terkecuali pada saat anda tertidur pulas dan membuat anda tidak dapat kembali tertidur pada saat terbangun.

Berikut ini adalah hal-hal yang sering kali menganggu anda pada saat anda tertidur dan makna dari hal-hal tersebut:

Sakit Kepala
Sakit kepala merupakan hal yang paling sering di alami oleh banyak orang yang membuat kita menjadi tidak dapat tertidur dengan nyenyak. Keadaan tersebut dapat terjadi karena beberapa hal, seperti karena anda sakit, kelelahan, ataupun disebabkan karena obat-obatan yang anda konsumsi. Selain karena sakit, kelelahan ataupun efek obat, penyebab lain timbulnya rasa sakit adalah merokok dan juga minum minuman beralkohol hingga anda mabuk. Nah jika ini sering terjadi dalam jangka waktu yang panjang, maka itu dapat membuat tubuh kita menjadi mudah terkena penyakit karena sistem daya tahan tubuh yang menurun. Oleh karena itu, cobalah untuk pergi kedokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Bingung
Jika anda pernah mengalami hal ini, mungkin anda akan merasa aneh. Hal ini terjadi karena kemungkinan anda sedang mengalami gangguan tidur yang bernama Sleep apnea yang dimana hal tersebut membuat anda tersadar dari tidur, namun sebenarnya anda tidak sepenuhnya sadar. Keadaan tersebutlah yang membuat anda terkadang merasa bingung anda sedang berada, jam berapa sekarang, ataupun yang lainnya.

Kram kaki

Keadaan ini memang jarang sekali dialami oleh banyak orang, karena keadaan ini terjadi disebabkan karena anda sebelum tidur, terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan sehingga itu membuat peredaran darah selama anda tidur menjadi terganggu. Selain karena peredaran yang terganggu, timbunan lemak dalam tubuh dan juga kadar gula yang tinggi juga dapat menyebabkan hal tersebut.

Sesak nafaskeadaan ini juga sering kali terjadi oleh banyak orang, terutama pada orang yang memiliki gangguan pernafasan. Jika anda sudah mengalami keadaan ini, cobalah untuk tidak panik karena selain disebabkan oleh gangguan pernafasan, hal ini juga dapat terjadi karena kondisi jantung yang tidak stabil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar