Selasa, 11 Maret 2014

Mengajarkan Anak Sopan Santun Sejak Dini


Setiap orang tua tentunya menginginkan anak yang memiliki sikap sopan santun terhadap dengan orang lain, anak yang memiliki sikap sopan santun merupakan cermin dari dari orang tuanya itu sendiri. Oleh karena itu orang tua harus mengajarkan anaknya sejak kecil agar anak dapat di biasakan sopan santun sejak kecil, jangan sampai anak yang tidak memiliki tata krama dalam hidupnya menjadikan dirinya sebagai bandar togel di kehidupannya di masa mendatang. Berikut ini beberapa sopan santun di hadapan orang lain.


Menghormati orang yang lebih tua
Salah satu sopan santun adalah memberi hormat kepada orang yang lebih tua dari diri kita, hal ini sangat penting di ajarkan untuk anak, agar anak anda pada saat di masyarakat dapat bersikap sopan santun dengan orang yang lebih tua darinya.

Meminta maaf
Biasakan anak anda meminta maaf jika anak anda berbuat salah dengan orang lain, dengan itu orang lain pun dapat merespon baik dengan perbuatan terpuji anak anda. Orang yang meminta maaf dan mengakui kesalahannya adalah perbuatan yang sangat mulia.

Mengajarkan tanggung jawab
Apa yang di perbuat harus berani mengambil resikonya, hal tersebut harus sudah di benamkan oleh orang tua kepada anaknya, anak yang melakukan perbuatannya harus berani memperbaiki kesalahannya yang di lakukannya, dan segera meminta maaf kepada oarng yang di rugikan oleh perbuatannya.

Menghormati sesama
Ajarkan anak anda caranya menghormati dan menghargai orang lain, setiap manusia di ciptakan tidak ada yang sempurna, oleh karena itu anda harus mengajarkannya untuk menerima orang lain dengan keadaan papun tanpa adanya perbedaan di antara mereka.

Memberi pertolongan
Ada banyak orang di sekitar kita yang membutuhkan pertolongan tangan kita, ajarkan anak anda untuk  dapat mengulurkan tangannya dalam membantu orang yang lemah ketika ia berada di dalam masyarakat, seperti halnya menolong anak kucing yang terjebak di selokan atau membantu oang tua dalam menyebrang jalan.

Berteman bukan mencari musuh
Salah satu sikap yang baik adalah berteman, biasanya anak kecil sering berantem dengan teman-temannya, ajarkan anak kalian agar tidak membenci orang lain dan tidak menganggap orang lain sebagai musuh, melainkan mengajaknya untuk berteman dan bermain bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar