Senin, 09 Februari 2015

Bingung Untuk Membuat Cupcake Coklat Di Rumah? Simak Resepnya Berikut Ini


Cupcake merupakan jenis kue yang hampir mirip dengan kue bolu hanya saja bentuknya berbeda. Jika kue bolu dibuat dengan Loyang yang besar kemudian dipotong-potong sedangkan cupcake menggunakan cetakan kecil yang hampir mirip dengan mangkok.

Cupcake merupakan makanan yang berasal dari Belanda. Di negeri kincir angin  tersebut kue ini dikenal dengan Muffin tins. Orang-orang belanda biasa memakan cupcake sebagai cemilan dan ditemani kopi.


Cupcake memiliki banyak sekali rasa, satu diantaranya yaitu Coklat sangatlah disukai oleh semua orang disamping rasa lainnya seperti vanilla, buah-buahan, oreo hingga keju.

Selain bisa dibeli di toko cupcake jakarta clairmont, cupcake juga bisa dibuat dirumah karena umumnya kue unik ini termasuk kue yang mudah untuk dibuat dengan tidak memerlukan teknik yang begitu tinggi layaknya kue konvensional lainnya.

Bagaimanakah cara membuat Cupcake khususnya yang memiliki rasa coklat? berikut resep mudahnya yang bisa Anda praktekan di rumah.

Bahan Cupcake Coklat Panggang yang harus Anda persiapkan diantaranya :

- Dark Cooking Chocolate 150 gr, potong kecil-kecil
- Susu Cair 120 ml
- Coklat Bubuk 30 gr
- Tepung terigu protein sedang 130 gr
- Mentega 130 gr
- Telur 3 butir, pisahkan kuning dan putihnya
- Garam ½ sdt

Setelah bahan-bahan yang diperlukan siap, waktunya membuat cupcake coklat panggang yang lezat. Simak cara-caranya berikut ini :

1. Panaskan terlebih dahulu susu cair dan coklat bubuk serta aduk semua bahan tersebut diatas api yang tidak terlalu besar hingga menggumpal. Kemudian jika dirasa sudah rata, matikan api dan sisihkan adonan.

2. Pada adonan yang sama, masukan sebagian gula dan mentega kemudian aduk hingga rata. Setelah itu, masukan kuning telur dan kocok hingga rata untuk mendapatkan hasil maksimal.

3. Setelah semua bahan tercampur, waktunya untuk menuangkan sedikit demi sedikit tepung terigu pada adonan sambil terus diaduk perlahan.

4. Siapkan wadah yang lainnya, kemudian kocokan putih telur yang sudah dipisahkan dari kuningnya, sedikit garam serta sisa gula yang tadi, Kocok hingga adonan kedua ini mengembang sempurna.

5. Masukan adonan yang pertama tadi kedalam adonan yang telah mengembang, aduk secara perlahan.

6. Setelah itu, sekarang tinggal menuangkan adonan tersebut kedalam cetakan muffin yang sebelumnya telah diberi alas cup kertas. Masukan kedalam oven dengan suhu 180 derajat celcius selama 30 menit. Tunggu hingga matang jika sudah angkat dan berikan garnish cantik berupa icing dengan buah-buahan lezat di atasnya.

Itulah resep cupcake coklat panggang yang enak dan lembut yang bisa Anda buat dirumah. Satu catatan untuk hiasan atau untuk toppingnya, selain yang sudah disebutkan di atas Anda juga bisa mengganti topping dengan butter cream. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar