Selasa, 12 Agustus 2014

4 Karakter Yang Di Miliki Seorang Akuntan Handal


Menjadi seorang akuntan yang handal memanglah tidak semudah yang di bayangkan. Karena seorang akuntan memiliki tangggung jawab yang besar dalam mengelola keuangan perusahaan. Untuk menjadi akuntan yang professional di perlukan beberapa karakter yang tepat.

Karakter menjadi seorang akuntan akan terbentuk ketika mereka suda terjun langusung ke dalam dunia akuntansi. Berikut ini ada beberapa karakter yang harus di miliki seorang akuntan handal.


Akurat
Seperti yang kita ketahui akuntasi lebih banyak berhubungan dengan angka dan perhitungan, jadi seorang akuntan harus memiliki karakter yang akurat terhadap angka-angka yang di hitungnya. Meskipun di zaman sekarang sudah banyak software akuntansi yang memudahkan penghitungan, anda juga  harus akurat dalam setiap angka yang anda masukan ke dalam software tersebut.

Detail
Seorang akuntan harus melakukan pemerikasaan sedetail-detailnya, biasnaya pemeriksaan persediaan barang dagangan yang harus di butuhkan karakter ini. karena jika tidak secara detail memeriksa barang dagangan. Maka anda membuat laporan dengan faktanya berbeda.

Konsisten
Konsisten dalam akuntasi ini harus sesuai dengan aturan yang sudah di tentukan, biasanya hal ini di lakukan dalam pencatatan laporan akuntasi selama periode berjalan. Yang harus di lakukan secara konsisten adalah

- Prosedur akuntansi (pengkuran, pengakuan dan pelaporan) harus konsisten
- Metode apapun yang digunakan harus konsisten
- Satuan ukur terkecil yang digunakan harus konsisten
- Format penyajian laporan harus konsisten

Jadi memudahkan orang lain untuk memeriksa laporan akuntasi yang sudah anda sajikan.

Disiplin dan jujur
Seorang akuntan harus memiliki karakter jujur dan disiplin yang tinggi, hal yang harus di patuhi sebagai akuntan adalah tidak memalsukan data, taat pada prosedur, taat pada prinsip-prinsip. Ketiga hal tersebut harus di taati oleh seorang akuntan yang handal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar